Monday, 16 November 2009

Air di Bulan

'Pengeboman' Bulan Berhasil Temukan Sumber Air

Senin, 16 November 2009 - 10:04 wib
text TEXT SIZE :  
Share
Rachmatunnisa - Okezone
(Foto: Reuters)
WASHINGTON - Para ilmuwan yang sengaja meledakkan dua pesawat luar angkasa tak berawak di Bulan pada bulan lalu berhasil menemukan sumber air.

Oktober silam, pesawat luar angkasa milik NASA bernama Lunar Crater Observation and Sensing Satellite (LCROSS) membawa misi untuk 'mengebom' Bulan dengan menjatuhkan roket Centaur ke permukaan Bulan.

NASA berharap pengeboman ini cukup ampuh untuk menyingkirkan debu tebal di permukaan Bulan sehingga LCROSS bisa menemukan keberadaan air dalam tanah. Rupanya misi ini berhasil menemukan apa yang tengah dicarinya.

"Kami berhasil membuka misteri yang tersimpan di tempat terdekat dari Bumi," kata salah satu ilmuwan NASA, Michael Wargo, seperti dikutip dari Reuters, Senin (16/11/2009).

"Tim NASA telah berhasil menemukan keberadaan air di Bulan. Namun kami berharap bisa menemukan simpanan air yang cukup siginifikan di wilayah kawah permanen di Bulan. Dalam hal ini, kawah bulan bernama Cabeus yang menjadi target kami," lanjutnya.

Para ilmuwan NASA menyebutkan, jika terbukti air di kawah ini berusia miliaran tahun, maka penemuan air ini dapat memberikan banyak informasi mengenai formasi sistem tata surya.

"Konsentrasi dan distribusi air dan bahan lainnya masih memerlukan analisa lebih mendalam. Namun sejauh ini, memungkinkan untuk menyebut kawah Cabeus menyimpan sumber air," tandas Wargo. (rah)